Profil Hari Lahir Pancasila

Tentang Harlah Pancasila

Berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2016 tentang Hari Lahir Pancasila yang menetapkan tanggal 1 Juni 1945 merupakan Hari Lahir Pancasila, maka setiap tanggal 1 Juni segenap komponen bangsa dan masyarakat Indonesia berkomitmen untuk memperingati Hari Lahir Pancasila sebagai bagian dari pengarusutamaan Pancasila sebagai panduan dalam seluruh bidang kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Hari Lahir Pancasila 2024

Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2024 di tingkat pusat dilaksanakan pada hari Sabtu tanggal 1 Juni 2024 di Blok Rokan, Provinsi Riau, yang dihadiri oleh Presiden, Wakil Presiden, pimpinan lembaga negara, pimpinan kementerian/lembaga, pimpinan Tentara Nasional Indonesia, pimpinan Kepolisian Negara Republik Indonesia, pimpinan Pemerintahan Daerah Provinsi Riau, pimpinan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), para tokoh, tamu undangan, dan perwakilan Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemerintah Daerah Provinsi Riau.

Hari Lahir Pancasila 2023

Komitmen bersama segenap bangsa dan masyarakat Indonesia untuk memperingati Hari Lahir Pancasila Tahun 2023 dilaksanakan melalui upacara di seluruh wilayah Republik Indonesia dan kantor perwakilan Republik Indonesia di luar negeri. Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2023 Tingkat Nasional secara terpusat di Lapangan Monumen Nasional, Medan Merdeka, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, pada hari Kamis tanggal 1 Juni 2023 pukul 08.00 WIB, yang dihadiri oleh Presiden, Wakil Presiden, pimpinan lembaga negara, pimpinan kementerian/lembaga, pimpinan TNI/Polri, pimpinan Kepolisian Negara Republik Indonesia, pimpinan Bank Indonesia, pimpinan pemerintahan daerah provinsi DKI Jakarta, pimpinan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), para tokoh, dan tamu undangan serta perwakilan Aparatur Sipil Negara (ASN) yang berasal dari lembaga negara dan kementerian/lembaga di tingkat pusat dan pemerintahan daerah DKI Jakarta.

Hari Lahir Pancasila 2022

Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2022 dilaksanakan secara terpusat di Lapangan Pancasila Ende, Kelurahan Kotaraja, Kecamatan Ende Utara, Kabupaten Ende, Provinsi Nusa Tenggara Timur pada hari Rabu tanggal 1 Juni 2022 pukul 08.00 WITA secara luring dan daring, yang dihadiri oleh Presiden, Wakil Presiden, pimpinan lembaga negara, kementerian/lembaga, pemerintahan daerah provinsi, kabupaten/kota, perwakilan negara sahabat di Indonesia, perwakilan Republik Indonesia di luar negeri, dan para tokoh serta seluruh tamu undangan secara luring dan daring. Upacara dilaksanakan secara hybrid (luring dan daring) sebagai upaya mendukung upaya pemerintah dalam mencegah, mengendalikan dan memutus mata rantai penyebaran Corona Virus Disease 2019 di Indonesia.

Hari Lahir Pancasila 2021

Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2021 dilaksanakan pada hari Selasa, 1 Juni 2021 serentak mulai pukul 07.45 WIB secara virtual kombinasi, dengan Inspektur Upacara Bapak Ir. H. Joko Widodo Presiden RI dari Istana Bogor dan petugas dan peserta upacara bertempat di Gedung Pancasila Jakarta serta dihadiri secara daring (online) oleh pimpinan lembaga tinggi negara, lembaga negara, kementerian/lembaga, pemerintahan daerah provinsi, kabupaten/kota, perwakilan Republik Indonesia di luar negeri, dan para tokoh

Seluruh warga negara Indonesia mengikuti Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2021 melalui siaran langsung di kanal Youtube Badan Pembinaan Ideologi Pancasila, dan siaran TVRI dari kantor/ruang kerja/rumah/tempat tinggal masing-masing dengan tetap mematuhi protokol pencegahan COVID-19.

Hari Lahir Pancasila 2020

Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2020 diselenggarakan pada hari Senin, 1 Juni 2020 melalui media elektronik, video conference atau dalam jaringan (on-line) dengan Pidato Kenegaraan oleh Bapak Ir. H. Joko Widodo Presiden RI melalui saluran Kanal Youtube BPIP, Televisi Republik Indonesia (TVRI) dan Radio Republik Indonesia (RRI), mengingat peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2020 di tengah masa pandemi Covid-19 sesuai dengan Keputusan Presiden Nomor 11 Tahun 2020 tentang Penetapan Kedaruratan Kesehatan Masyarakat Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) serta Keputusan Presiden Nomor 12 Tahun 2020 tentang Penetapan Bencana Non ALam Penyebaran Covid-19 sebagai Bencana Nasional.

Hari Lahir Pancasila 2019

Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2019 diselenggarakan secara nasional di tingkat Pusat, Provinsi, Kabupaten/Kota, Kecamatan dan Perwakilan RI di luar negeri. Acara pokok peringatan Hari Lahir Pancasila dipusatkan dalam bentuk Upacara Bendera pada hari Sabtu Tanggal 1 Juni 2019 bertempat di Gedung Pancasila Jakarta dan Inspektur Upacara Bapak Presiden RI Ir. H. Joko Widodo.